Jumat, 04 Juni 2010

Mengapa kita harus memiliki tujuan hidup ?

Menemukan dan memiliki tujuan hidup yang benar dan tepat, lebih dari sekedar menjalani kehidupan yang rutin dan biasa-biasa saja. Tujuan hidup mendasari semua tujuan semua tujuan sementara yang ada. Tujuan hidup yang hakiki bersifat hikmah dan amanah.

Pierre Renoir seorang pelukis Perancis yang terkenal. Di masa tuanya, Renior menderita penyakit artistis yang parah dan membuat tanganya kejang dan gemetar. Meskipun sangat menderita dan kesakitan, namun ia tetap berusaha melukis dan memegang kuas dengan ujung jari-jarinya.

Sahabatnya, Henry Matisse memandang sedih tanpa dapat berbuat apa- apa. Matisse lalu bertanya mengapa Renior tetap bersikeras untuk terus melukis padahal itu membuatnya merasa kesakitan dan sangat menderita. Renior hanya menjawab singkat : “Rasa sakit akan berlalu, namun keindahan tetap abadi”.

Bagi Renior itulah makna dari hidup yang memiliki tujuan. Baginya melukis adalah sutau panggilan hidup. Ada kerelaan untuk meninggalkan zona nyaman pribadi, agar bisa mempersembahkan sesuatu yang lebih berarti dalam hidup.

Ezra, Jakoep. 2008. Success trough character. Yogyakarta: ANDI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar