Selasa, 01 Juni 2010

Gangguan Reseptif

Gangguan reseptif, adalah gangguan berupa kesulitan dalam memahami bahasa lisan. Dalam kasus yang ringan anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata tertentu, seperti kata-kata yang mengungkapkan perbedaan kata-kata tertentu. Sepeerti kata-kata yang membedakan kata-kata yang berdefinisikan kuantitas (luas, besar, sama, banyak atau kalimat-kalimat tertentu).

Dalam kasus-kasus yang lebih berat individu mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata atau kalimat-kalimat sederhana. Gangguan ini biasanya kelihatan pada anak usia 4 tahun. Meskipun kasus-kasus yang lebih berat dapat ditemukan lebih awal. Anak-anak yang mengalami gangguan ini dalam bentuk-bentuk yang hampir tidak kelihatan mungkin baru dapat diketahui pada usia 7 tahun.

Gangguan reseptif juga merupakan gangguan dalam tipe mengembangkan pengertian bahasa (decoding). Dan ekspresi vocal bahasa (encoding), yang merupakan gangguan dalam persepsi sensorik yaitu pengenalan sistem sensorik, yaitu pengenalan sistem visual atau auditorik bukan karena retardasi mental, autisme ataupun yang lain.



Semiun, Yustinus. OFM. 2006. Kesehatan mental 1. yogyakarta : Kanisius.

Hidayat, Aziz.A. 2007. Siapa bilang anak cerdas sehat pasti cerdas. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar