Rabu, 16 November 2011

Perbandingan Fasilitas email, SN dan M dan sisi psikologis.

a. Email : Gmail dengan Yahoo

Gmail memiliki kelebihan daripada yahoo yaitu gmail lebih cepat untuk menerima e-mail. Gmail tidak memerlukan verifikasi ketika ingin mengirimkan e-mail sedangkan Yahoo memerlukan verifikasi terlebih dahulu. Serinmg kali ketika mendapatkan e-mail dari orang lain, bukannya masuk ke inbox malahan ke spam, jadi terkadang membuat panik kita sebagai pengguna yahoo. Yahoo juga memiliki kelebihan salah satunya adalah bisa mengirimkan pesan berupa short massage service (sms) yang terdapat didalam fasilitas Yahoo Massanger.

Secara tampilan layout gmail lebih mudah untuk dipelajari ketimbang yahoo yang agak sulit. Gmail didukung oleh google yang merupakan alat pencari alamat website yang paling sering dipakai orang didunia ini. Tetapi dari segi berita, gossip dan info yahoo lebih unggul karena sudah dipilah-pilah berdasarkan sub beritannya. Jika ingin melihat berita terkini, saya lebih suka menggunakan yahoo agar tidak ketinggalan berita. Tampilan warna yahoo yang dominan biru juga enak dipandang mata.

b. FB dengan G(+)

Saya lebih menyukai FB daripada G(+) karena FB atau Facebook merupakan website yang paling banyak dibuka dan digunakan umat manusia terbesar kedua setelah Google. Di Indonesia Fb lebih banyak dipakai untuk mengungkapkan perasaan dari status, share foto, dan banyak permainan-permainan online yang menarik perhatian pengguna FB. Secara tampilan FB lebih mudah digunakan daripada G(+).

Warna yang dominan biru banyak menarik minat pengguna FB, dan secara bisnis lebih menguntungkan bagi pengusaha oneline yang menawarkan barang-barangnya melalui FB dengan cara membuat Group dan bisa mensharing foto-foto barang-barang yang mereka jual. G(+) tampilannya tidak jauh berbeda dengan FB tapi orang-orang lebih menyukai FB karena kebanyakan teman sepergaulan mereka lebih banyak menggunakan FB. Untuk mendapatkan teman baru lebih mudah mencarinya di FB.

c. FB dengan Twitter

FB bisa dibilang lebih mudah digunakan daripada Twitter. Twitter lebih banyak digunakan oleh kalangan artis dan orang-orang terkenal lainnya. FB untuk saling menanyakan kabar bisa saling mengirimkan wall kepada subjek yang dituju sedangkan Twitter harus mengetahui nama pengguna dari subjek yang dituju. FB dan Twitter sama-sama menarik dari segi warna, sama-sama bernuansa biru. Twitter lebih soft dan tenang pemilihan warna birunya, sedangkan FB terkesan tegas dalam penggunaan warna biru tuanya.

d. YM dan G-talk

Yahoo Massanger dengan G-talk lebih mudah penggunaan G-talk karena G-talk tidak perlu lagi untuk mencari nama pengguna dari subjek yang dituju. Hanya ketika kita mngirimkan e-mail melalui Gmail dengan otomatis subjek yang kita kirim e-mail adalah teman kita dalam G-talk, sedangkan YM harus mencari nama dahulu subjek yang akan menjadi teman kita di YM.

G-talk merupakan satu kesatuan dengan Gmail dan G(+) sehingga lebih mudah untuk dipergunakan bersama-sama. YM tidak bisa dibuka secara bersamaan karena akan menimbulkan kepenuhan quota, jadi harus ditutup dulu penggunaan YM ketika ada e-mail yang masuk. Secara tampilan warna kedua-duanya memadai dan menarik.

ASPEK PSIKOLOGIS TEKNOLOGI INTERNET

Penggunaan internet dalam perkembangannya selalu ada pro dan kontra, tergantung dengan penggunaan dari masing-masing pihak. Penggunaan yang dilakukan oleh ana-anak dari segi positifnya bisa meningkatkan kemampuan spatial dari anak tersebut seperti pembuatan website, robotika, blog dan sebagainya. Disini kemapuan kognitif dari seorang anak akan berkembang secara signifikan. Tetapi apabila tidak menapatkan bimbingan orang tua yang memadai anak-anak akan membuka internet untuk hal-hal yang positif seperti memebuka situs pornografi yang mungkin didapatkan dari teman-teman disekolahnya, dalm hal ini orang tua harus berhati-hati.

Bukan hanya dari segi pornografi, anak-anak bisa kecanduan game online yang mungkin belum pantas untuk mereka mainkan, karena apabila anak-anak memainkan games online secara terus-menerus akan menimbulkan kecanduan dengan permainan tersebut dan mungkin saja hal terburuknya adalah agresivitas anak tersebut akan meningkat karena terpengaruh dengan permainan yang kasar. Internet juga sangat penting untuk menunjang informasi terbaru yang dibutuhkan oleh anak-anak. Tugas yang banyak dan mungkin susah dicari jawabannya bisa dicari dengan menggunakan internet sehingga bisa menyeleseikan tugas yang ditanggung.

Perbandingan Fasilitas email, SN dan M dan sisi psikologis.

a. Email : Gmail dengan Yahoo

Gmail memiliki kelebihan daripada yahoo yaitu gmail lebih cepat untuk menerima e-mail. Gmail tidak memerlukan verifikasi ketika ingin mengirimkan e-mail sedangkan Yahoo memerlukan verifikasi terlebih dahulu. Serinmg kali ketika mendapatkan e-mail dari orang lain, bukannya masuk ke inbox malahan ke spam, jadi terkadang membuat panik kita sebagai pengguna yahoo. Yahoo juga memiliki kelebihan salah satunya adalah bisa mengirimkan pesan berupa short massage service (sms) yang terdapat didalam fasilitas Yahoo Massanger.

Secara tampilan layout gmail lebih mudah untuk dipelajari ketimbang yahoo yang agak sulit. Gmail didukung oleh google yang merupakan alat pencari alamat website yang paling sering dipakai orang didunia ini. Tetapi dari segi berita, gossip dan info yahoo lebih unggul karena sudah dipilah-pilah berdasarkan sub beritannya. Jika ingin melihat berita terkini, saya lebih suka menggunakan yahoo agar tidak ketinggalan berita. Tampilan warna yahoo yang dominan biru juga enak dipandang mata.

b. SN : FB dengan G(+)

Saya lebih menyukai FB daripada G(+) karena FB atau Facebook merupakan website yang paling banyak dibuka dan digunakan umat manusia terbesar kedua setelah Google. Di Indonesia Fb lebih banyak dipakai untuk mengungkapkan perasaan dari status, share foto, dan banyak permainan-permainan online yang menarik perhatian pengguna FB. Secara tampilan FB lebih mudah digunakan daripada G(+).

Warna yang dominan biru banyak menarik minat pengguna FB, dan secara bisnis lebih menguntungkan bagi pengusaha oneline yang menawarkan barang-barangnya melalui FB dengan cara membuat Group dan bisa mensharing foto-foto barang-barang yang mereka jual. G(+) tampilannya tidak jauh berbeda dengan FB tapi orang-orang lebih menyukai FB karena kebanyakan teman sepergaulan mereka lebih banyak menggunakan FB. Untuk mendapatkan teman baru lebih mudah mencarinya di FB.

c. FB dengan Twitter

FB bisa dibilang lebih mudah digunakan daripada Twitter. Twitter lebih banyak digunakan oleh kalangan artis dan orang-orang terkenal lainnya. FB untuk saling menanyakan kabar bisa saling mengirimkan wall kepada subjek yang dituju sedangkan Twitter harus mengetahui nama pengguna dari subjek yang dituju. FB dan Twitter sama-sama menarik dari segi warna, sama-sama bernuansa biru. Twitter lebih soft dan tenang pemilihan warna birunya, sedangkan FB terkesan tegas dalam penggunaan warna biru tuanya.

d. M : YM dan G-talk

Yahoo Massanger dengan G-talk lebih mudah penggunaan G-talk karena G-talk tidak perlu lagi untuk mencari nama pengguna dari subjek yang dituju. Hanya ketika kita mngirimkan e-mail melalui Gmail dengan otomatis subjek yang kita kirim e-mail adalah teman kita dalam G-talk, sedangkan YM harus mencari nama dahulu subjek yang akan menjadi teman kita di YM.

G-talk merupakan satu kesatuan dengan Gmail dan G(+) sehingga lebih mudah untuk dipergunakan bersama-sama. YM tidak bisa dibuka secara bersamaan karena akan menimbulkan kepenuhan quota, jadi harus ditutup dulu penggunaan YM ketika ada e-mail yang masuk. Secara tampilan warna kedua-duanya memadai dan menarik.