Minggu, 11 April 2010

Simptom Disleksia

Menurut Bright Solution for Dislexia, terapat symptom disleksia menurut umur dan tingkatan sekolah.
1. Prasekolah
- Lambat dalam berbicara
- Mencampur bunyi dan suku kata yang hampir sama. contoh “hospital” tetapi mereka menyebutnya “hostipal”
- Tidak bisa membedakan arah kanan dan arah kiri
- Terdapat permasalahn telinga yang kronik
2. Sekolah Dasar
- Disertai dengan Disgrafia, yaitu ketidakmampuan untuk menulis
- Tidak bisa menyebutkan huruf dengan bunyi konsonan yang sama. contoh menyebut “B” dengan “D”
3. sekolah Menengah
- ketidakmampuan dalam berbahasa asing
- Rangking yang sangat rendah dalam beberapa tingkat
4. Tingkatan Dewasa
- Membaca dengan lambat dn berbata-bata
- Membaca terlebih dahulu dengan mengeja huruf seperti ana yang baru saja belajar membaca
- Tidak suka menulis
- Keliru dengan huruf dengan bunyi konsonan yang hampir sama.

Devaraj, Sheila., Roslan, Samsilah. 2005. Apa itu Disleksia?. Malaysia : PTS.




1 komentar:

  1. saya wanita, 20 tahun, kuliah.
    saya merasa kok disleksia ya jika membaca keterangan di atas,...saya kesulitan untuk menulis "n, g, ng, v, dan f", bahkan saya harus mengeja. Jujur saja, saya terganggu dengan ketidaklancaran saya menulis, bahkan sering dijadikan bahan becandaan.
    apakah dengan umur saya 20 tahun, masih dapat disebut disleksia?apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus