Minggu, 11 April 2010

Penyebab Diskalkulia

Penyebab Diskalkulia

Masalah diskalkulia adalah masalah yang memberi dampak terhadap operasi perhitungan dalam matematika. Diskalkulia disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranyadalah proses pengamatan., yaitu anak-anak tidak dapat mengamati nomor dan matematika secara keseluruhan. Mereka sering mengalami masalah dalam mengenal nomor. Masalah yang lain adalah dalam aspek penyusunan. Masalah yang disebabkan fungsi fisiologis tubuh :

  • Diskalkulia berkorelasi dengan luka pada area spesifik otak yaitu: supramarginal dan angular gyri yang menjembatani lobus temporal dan parietal pada kulit otak.
  • Diskalkulia berkorelasi dengan deficit pada kemampuan memori jangka pendek.
  • Anak dengan gejala diskalkulia berkecenderungan untuk memiliki anggota keluarga dengan gejala yang sama.


Muhammada, Jamila. 2007. Special Education for special children. Alih Bahasa: Edy Sembodo. Jakarta : Hikmah.

2 komentar:

  1. saya punya ciri-ciri yang tercatat di atas. masalahnya juga, saya susah mengigati kiraan saya… kadang kalanya lupa hitungannya brapa… adakah ini juga gejalanya…? terus, saya juga liat saya salah nulis angkanya. misalnya, saya liat angka 34. sebaliknya saya nulis angkanya 43…. adakah ini diskalkulia?
    Balas


    maaf ada yang ketinggalan…. saya juga masih belom bisa ngeliat jam… padahal umur saya udah mencapai 16 tahun, saya jadi punya banyak alasan kalau ada yang nanya sekarang udah jam brapa. saya jadi bingung, padahal saya udah blajar, tapi tetap ngak bisa…. makannya saya harus ngeliat jam angka tertera ajah…. mohon pandagannya….

    BalasHapus
  2. untuk referensi bukunya dapat dari mana tu?
    ssaya tertarik dengan materinya. saya ingin tahu lebih dalam.
    mohon dibalas. terima kasih.

    BalasHapus