Penanganan Disgrafia
- Melatih keterampilan pramenulis :
- Meraih, meraba, memegang,
- Mencari perbedaan, persamaan, berbagai benda, bentuk, warna
- Menelusuri bentuk geometris
- Menghubungkan titik-titik
- Membuat garis horizontal dan vertikal
- Membuat garis lengkung, garis lurus dan lingkaran
- Menyalin bentuk-bentuk sedrhana
- Guru dan orang tua menunjukkan huruf yang akan ditulis
- Guru menyebutkan nama huruf dan menuliskannya. Seperti menunjukkan cara membuat suatu huuf dengan perlahan-lahan kepada si anak
- Anak mengamati huruf-huruf dan membacanya dengan keras dan jelas dengan gerakan tangan dengan mengikuti gerakan guru
- Anak menyalin huruf di kertas
Selanjutnya untuk mengeja, dapat dilakukan sebagai berikut :
- Guru menuliskan dan mengucapkan sedangkan anak mendengar
- Anak menelusuri kata, mengucapkan, kemudian menyalin
- Anak menulis tanpa contoh
Strategi untuk menciptakan suasana pembelajaran untuk anak yang urang minat menulis :
- Memberi kesempatan pada anak untuk banyak menulis apapun tulisannya itu
- Memperbanyak buku latihan yang dapat menarik perhatian anak untuk menulis
- berikan dorongan moril untuk anak
- Biarkan anak untuk menulis sesuka hatinya tanpa mendikte.
Aziz, Rini.Utami. 2006. Jangan biarkan anak kita berkesulitan belajar. Solo : Tiga serangkai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar