Selasa, 16 Maret 2010

Cara Berkomunikasi Pada Anak Autis

Cara Berkomunikasi Pada Anak Autis


Anak autis mungkin tidak akan berkomunikasi dengan kata
sama sekali (secara verbal), mereka akan lebih banyak mengekspresikan sesuatu dengan non verbal. Anak autisme lain mungkin dapat berkata-kata dengan lancar dan kompleks.
Dua kelainan yang selalu ada:
A. Perkembangan bahasa terlambat / mundur
50% penyandang autisme lama-kelamaan bisa
memakai kata-kata dengan berarti dan mengerti makananya. Menukar kataganti (pronoun): “Kamu mau makan nasi goreng”. Padahal dia yg mau. Mesti “Saya”. Sulit berbicara sama orang lain secara lancar. Sulit mengikuti gantian pokok pembicaraan/ topik. Tidak mau memandang langsung pada mata orang. Biasanya dia melihat ke samping. Pada usia 5-6 tahun banyak anak auits yang sama sekali tidak menggunakan bahasa. Mereka membisu dan hanya mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak memiliki arti dan tidak biasa digunakan orang lain.
B. Ekolalia
Adalah mengulang-gulang kata. Orang meniru kata-kata yg didengar bagaikan gema/echo, tanpa memikirkan atau mengerti artinya. Perilaku ini terkadang ditemukan pada anak biasa yang berumur 3 tahun, tapi pada anak autisme perilaku ini sering ditemukan (sekitar 75 % anak autis). Dalam beberapa kasus ekolalia bisa saja ditunda dan anak itu akan mengulangi ucapan itu dalam beberapa jam dan tanpa stimulus yang jelas.

Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan mental 2. Yogyakarta : Kanisius.

1 komentar:

  1. Yang Terhormat Bapak & Ibu, kami menginformasikan tertanggal 1 april 2013 Pusat Terapi & Tumbuh Kembang Anak/Pttka Rumah Sahabat menempati kantor baru di Depokan KG II No 226 B Prenggan Kotagede Yogyakarta telpon 0274 8267882 atau Cabang Sleman di Grogol Kalitirto Berbah Sleman telpon 0274 8248999 atau bisa buka di www.pttkarumahsahabat.com

    BalasHapus